note:
maaf agak sedikit brantakan gan. susun sendirilah! maklum copas dari skripsi gue. malas mw ngedit2 lagi..
METODE PENDIDIKAN SHALAT BAGI PESERTA DIDIK
DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU
AL
AUFA KOTA BENGKULU
SKRIPSI
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh
Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
Dalam Ilmu Tarbiyah
Oleh:
EDIYONO
NIM: 2103216900
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS
TARBIYAH DAN TADRIS
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU
2014
PERSETUJUAN
PEMBIMBING
Skripsi
atas nama EDIYONO NIM. 2103216900 yang berjudul “METODE
PENDIDIKAN SHALAT BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL AUFA
KOTA BENGKULU”, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas
Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Bengkulu. Skripsi ini telah diperiksa dan diperbaiki
sesuai dengan saran pembimbing I dan pembimbing II. Oleh karena itu sudah
selayaknya untuk diujikan dalam sidang Munaqasah Fakultas Tarbiyah dan Tadris
IAIN Kota Bengkulu.
Bengkulu, Oktober 2014
Pembimbing I
Prof.Dr.Rohimin, M.Ag
NIP. 196405311991031001
|
Pembimbing II
Edi Ansyah, M.Pd
NIP. 197007011999031002
|
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BENGKULU
FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS
|
Alamat : Jln. Raden
Fatah Pagar Dewa Telp. (0736) 51171-51172 Fax. (0736) 51172 Kota Bengkulu
|
PENGESAHAN
Skripsi yang berjudul “ METODE PENDIDIKAN SHALAT BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH
DASAR ISLAM TERPADU AL AUFA KOTA BENGKULU ” yang ditulis oleh EDIYONO NIM: 2103216900 telah dimunaqasahkan oleh Tim Sidang Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu:
Hari
: Rabu
Tanggal : 10 Desember 2014
Dan dinyatakan LULUS, dapat diterima dan
disahkan sebagai syarat guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
dalam Ilmu Tarbiyah dan Tadris.
Bengkulu, Desember 2014
Dekan,
Dr.
Zubaedi, M.Ag, M.Pd
NIP.
19690308 199603 1 001
Sidang Munaqasah
Ketua
Musmulyadi,
M.Pd
NIP. 197005142000031002
|
Sekretaris
Nadrah, M.Pd
NIP. 197607112005012004
|
Penguji I
Drs.Murkilim,
M.Ag
NIP.195909171993031002
|
Penguji II
Refileli, MA
NIP. 196705252000032003
|
SURAT
PERNYATAAN
Saya yang
bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Ediyono
NIM :
210 321 6900
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Tarbiyah dan Tadris
Judul
Skripsi :
METODE PENDIDIKAN SHALAT BAGI PESERTA
DIDIK
DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU
AL AUFA KOTA BENGKULU
Dengan
ini menyatakan bahwa hasil penulisan Skripsi ini merupakan hasil karya sendiri
dan benar keasliannya. Apabila ternyata di kemudian hari penulisan Skripsi ini
merupakan hasil plagiat atau penjiplakan terhadap karya orang lain, maka saya
bersedia mempertanggungjawabkan sekaligus bersedia menerima sanksi berdasarkan
aturan tata tertib yang berlaku di Universitas Islam Indonesia.
Demikian, pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan tidak
dipaksakan.
Penulis,
EDIYONO
NIM: 2103216900
|
MOTTO
“Lembutnya untaian doamu wahai Ibu dan
Ayah adalah kunci sukses dalam setiap langkah hidupku. Terima Kasih..”
. . .
PERSEMBAHAN
Segala puji dan syukur
alhamdulillahirabbil alamin selalu terucapkan kepada Allah Swt. yang telah
memberikan ribuan nikmat yang tak terhitung sehingga penulis dapat
menyelesaikan sekripsi ini dengan baik dan sukses. Selanjutnya ucapan
terimaksih yang tak terhigga juga penulis persembahkan kepada orang-orang
tercinta yang selalu memberikan dukungan dan bimbingan setulus hati, yaitu:
v Ayahanda tercinta Paimin serta ibunda tersayang Poniyem yang
telah membesarkan dan mendidikku dengan penuh kasih sayang tanpa lelah, penuh
kesabaran serta keikhlasan. Memberikan dukungan materil, moril dan spiritual
yang tak terhitung. Untaian doa yang selalu mengiringi langkah perjuangan ini
hingga menghantarkan saya ke puncak kesuksessan.
v Kakak-kakakku, Sumadi dan Mariyati yang selalu memberikan
dukungan penuh.
v Paman Nyoto dan bibi Su dan Seluruh keluarga serta sanak
saudara yang mendoakan kesuksesan bagiku.
v Seluruh ikhwan wa akhwat KAMMI IAIN Bengkulu (syukurku telah
Allah takdirkan kita bertemu dalam naungan cinta-Nya bernama ‘dakwah’),
organisasi yang selalu menghadirkan sikap saling mengingatkan dalam kebaikan
dan taqwa demi terwujudnya perbaikan diri bersama-sama.
v Untuk para Murobbi saya: Ustad Kholid yang telah mengenalkan
dakwah ini sejak masih pelajar SMP, Ustad Romidi Karnawan (Sang Muslim
Negarawan), Ustad Andik Sugio Basuki, Lc. (Guru penyemangat dalam proses
pengenalan jati diri), Ustad dr. Agus Wiyono yang selalu kurindukan ilmu-ilmu
barunya disetiap pekan, dan Ustad Manhakim yang penyabar.
v Para Dosen dan civitas akademika IAIN Bengkulu yang telah
memberikan ilmu pengetahuan serta membimbing dengan pengarahan dan kesabaran
demi kesuksesan penulis.
ABSTRAKS
Skripisi ini berjudul “Metode
Pendidikan Shalat Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Aufa
Kota Bengkulu”. Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah: bagaimanakah
bentuk metode pendidikan shalat bagi peserta didik di SDIT Al Aufa kota
Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka
berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut:
Diketahui
bahwa para siswa di SDIT AL Aufa kota Bengkulu secara umum telah melaksanakan
shalat wajib dengan rutin bahkan ditambah pula dengan amalan shalat sunnah
Dhuha disetiap pagi sebelum jam belajar dimulai. Siswa melaksanakannya pun
bukan karena keterpaksaan melainkan karena memang sudah menjadi kewajiban
mereka selaku seorang muslim untuk menunaikannya. Memang pemahaman demikian
tidak 100% dimiliki oleh setiap siswa, namun para guru selalu membimbing mereka
dengan penuh kesungguhan dan kesabaran yang luar biasa. Berusaha memberikan
pemahaman dan pengertian mengenai pentingnya shalat sehingga akan timbul rasa
senang seorang siswa terhadap masjid, senang melaksanakan shalat berjamaah dan selalu berupaya ikut andil
dalam mengajak teman-temannya agar bersama-sama lebih tertib dan khusyu’
ketika shalat.
Hal
ini tidak lepas dari keteladanan para guru yang mendidiknya. Guru dan seluruh
komponen di dalam SDIT Al Aufa kota Bengkulu selalu melakukan bimbingan hingga
kepada mencontohkan secara langsung bagaimana seorang muslim melaksanakan
kewajiban shalat, cinta masjid dan menyenangi shalat berjamaah. Pihak sekolah
selalu berkoordinasi secara langsung maupun tidak langsung melalui pertemuan
dengan wali murid atau melalui buku penghubung dari pihak sekolah agar shalat
anak selalu terpantau di rumah oleh orang tuanya. Ketika
diri siswa merasakan kenyamanan maka akan mudah guru memberikan
pemahaman-pemahaman lebih lanjut mengenai urgennya melaksanakan shalat. Dampaknya
adalah semakin semangatnya para siswa untuk melaksanakan ibadah dengan cara
yang menyenangkan tanpa merasa dipaksa. Hal ini akan berefek pula pada sikap
dan tingkah laku anak baik hubungan dengan Sang Khalik maupun hubungan
interaksi sosial dan lingkungan dengan mengedepankan akhlak islami sebagai ciri
kepribadiannya.
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Puji syukur
kehadirat Allah swt. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita
semua, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Adapun
judul penelitian ini adalah “ METODE PENDIDIKAN SHALAT BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH
DASAR ISLAM TERPADU AL AUFA KOTA BENGKULU”. Shalawat dan salam semoga
tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. serta kepada keluarga,
sahabat dan para pengikutnya hingga akhir jaman, amin.
Penyusunan
skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar
Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) pada Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Tadris di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Penulis sangat
menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan skripsi ini adalah berkat bantuan dari
beberapa pihak. Untuk itu, izinkanlah penulis menghaturkan banyak terima kasih
kepada yang terhormat :
1. Bapak
Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M. Ag, MH, selaku Rektor IAIN Bengkulu, yang telah
memberikan berbagai fasilitas dalam menimba ilmu pengetahuan di IAIN Bengkulu.
2. Bapak
Dr. Zubaedi, M. Ag. M. Pd, selaku Dekan Tarbiyah dan tadris IAIN Bengkulu
beserta stafnya yang selaku mendorong keberhasilan penulis.
3. Bapak
Prof. Dr. H. Rohimin, M. Ag, selaku Pembimbing I, yang selalu membantu dan
membimbing penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
4. Bapak
Edi Ansyah, M. Pd, selaku Pembimbing II, yang senantiasa sabar dan tabah dalam
membimbing penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
5. Bapak-Ibu
Dosen IAIN Bengkuli, yang telah banyak memberikan ilmu pengetahuan bagi penulis
sebagai bekal pengabdian kepada masyarakat, agama, nusa dan bangsa.
6. Bapak
Ali Akbar Jono, M. Pd, selaku Kepala Perpustakaan IAIN Bengkulu serta stafnya,
yang telah memberikan fasilitas buku dalam pembuatan skripsi ini.
7. Teman-teman
seperjuangan yang telah memberikan motivasi baik materil maupun spiritual dalam
penyusunan skripsi ini.
Akhirnya,
kepada Allah swt. penulis memohon semoga skripsi ini dapat memberikan sumbangan
untuk penelitia selanjutnya, dapat berguna dan bermanfaat bagi penulis dan
pembaca. Atas bantua yang tiada ternilai
harganya, semoga Allah swt. membalas
dengan pahala yang berlipat ganda. Akhirnya atas segala kebaikan semoga menjadi
amal shaleh, amin ya Rabbal’alamin.
Bengkulu,
Oktober 2014
Penulis
EDIYONO
NIM: 2103216900
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar